Peralatan Mancing

Fishing Tackle
JORAN (Rod). Joran yaitu perlengkapan utama yang mutlak dipunyai beberapa mancing mania. Mancing ikan memprioritaskan ketangkasan serta kecepatan. Seluruhnya itu baru bakal didapat apabila joran yang diambil memiliki karakteristik fast taper yang cuma melengkung di sepertiga sisi ujung joran (panduan action). 

Joran seperti ini bertipe medium/M (tengah), medium heavy/MH (sedang~berat) sampai heavy/H (berat). Panjang joran ideal seputar 5′6″ ~ 6′ atau seputar 168 ~ 180 cm, apabila lokasi mancing yang kerap di menuju jarak pada lapak serta pertengahannya lumayan jauh maka dianjurkan menentukan joran yang panjangnya 180 cm untuk memperoleh lontaran yang jauh ke tengah sungai dengan cara akurat. 


Joran yang nyaman pastinya yaitu yang berjenis spinning rod, yang mendudukan reel spinning dibagian bawah joran. Untuk bahan minimum yang terbuat dari serat karbon untuk penambahan bisa diambil joran yang terbuat berbahan kombinasi carbon graphite serta polyamide fibre, atau sekalian yang memiliki bahan boron atau kevlar. 


Spesifikasi dari pada joran umumnya tercatat terang di batang pangkal joran seperti ukuran joran diatas tadi ditambah tentang line weight (kelas kenur) pada 6 ~ 15 lb sampai 10 ~ 20 lb serta lure weight (berat umpan) jenis M 1/4~3/4 oz, MH 1/4~1 oz serta H 3/8~1 1/2 oz. Persyaratan utama yang lain yaitu batang joran yang terbagi dalam 1 batang (one piece) tiada sambungan atau 2 batang (two pieces) satu sambungan, joran telescopic atau jenis antena tak dianjurkan. 


Untuk jumlah marit (guides) atau jalur kenur tentukan yang memiliki minimum 5 marit supaya beban terdiri rata makin mudah pada batang joran atau sekalian menentukan joran seri Interline dari Daiwa & seri Innerline dari Shimano, yang jalur kenurnya ada pada rongga batang joran hingga pembagian beban bisa prima rata, kenur tak gampang kusut serta tidak cepat aus lantaran pergesekan kenur dengan jalurnya sudah bisa diminimalkan. 


Misal joran seperti ini umpamanya saja yakni Daiwa® Procaster® Z Interline™ Rods. Sedang yang sudah dapat dibuktikan ketangguhannya yakni Shimano Speed Master, sayang tidak beredar lagi di market, joran two pieces yang berciri gemuk di pangkalnya serta seluruhnya maritnya ada dibagian batang joran atasnya. 


Merk lain seperti ini yang bisa di jumpai yakni Golden Fish jenis bantam atau Conato Black Moon. Yang berjenis konvesional yang tangguh bisa diambil dari sebagian merk populer seperti Berkley IM7, Fenwick Iron Claw, Daiwa, Shimano, All Star, G-Loomis serta yang lain, pastikan yang dikira ideal serta sesuai sama kekuatan lantaran pilihan seutuhnya pada ketentuan pemancing itu sendiri. Untuk bahan rekomendasi bisa dipandang di Bass Pro Shop - Spinning Rods. 


PENGGULUNG (Reel) 


Penggulung yang nyaman dipakai untuk mancing ikan Sanggang, Tengadak serta kelabau yaitu spinning reel, yang gulungan kenur atau spulnya terdapat terbuka di depan. Pas digabungkan dengan joran spining. Tentukan ril dengan kualitas paling baik supaya awet serta tangguh dalam penggunaannya. 


Yang jadi bahan pertimbangan dalam menentukan ril penggulung yaitu bahannya yang terbuat graphite yang kuat namun mudah, jumlah bantalan roda (ball bearing) minimum 3 buah, rasio gigi (gear ratio) minimum 4 : 1 serta rem spul (drag) yang elemennya baik. Untuk pemilhan letak drag, baiknya yang terdapat di depan (front drag). 


Peralatan. Ril penggulung benar-benar bertindak utama dalam mancing, oleh karenanya ingin selektif dalam menentukan mana yang pas serta sesuai sama. Misal ril yang tangguh yakni Daiwa Tournament SS 700, ril front drag ini mempunyai 3 ball bearing dengan gear ratio 4, 9 : 1. Setelah itu yakni Shimano Stella, ril ini terhitung mahal lantaran mempunyai 13 ball bearing ditambah 1 roller bearing yang bikin ril ini bisa menggulung dengan mulus lantaran pergesekan mekanismenya dinetralisir bantalan roda jadi kecil sekali. 


Piranti mancing yang mahal tidaklah mempunyai tujuan menambah gengsi pemancing tetapi dilihat dari aspek kualitas serta benar-benar fungsional. Merk serta jenis yang lain yang juga baik serta cukup ekonomis seperti Shimano seri Ultegra, Biomaster, Twin Power, Symetre & Stradic, Daiwa jenis Emblem, Regal, Golden Fish Hyperspin, Wonder, Mitchell serta yang lain. 


KENUR (Line) 


Lantaran galatama memakai rangkaian glosor maka baiknya kenur diambil yang berwarna flourecent (neon) supaya mata terus nyaman memandangi kenur. Warna oranye atau hijau neon yang paling banyak di gunakan. Ukuran diameter kenur pada 0, 22~0, 28 mm, makin kecil ukurannya makin baik kepekaannya tetapi benar-benar rawan bila mesti membetot ikan yang terpancing. 


Jadi idealnya bisa dipakai yang ukuran 0, 28 mm lantaran cukup aman. Periksa senantiasa keadaan kenur sebelum saat berangkat mancing bakal kemungkinan kenur itu sudah aus disebabkan gesekan atau lantaran biasanya mendaratkan ikan. 


Baiknya jauhi memakai kenur sisa yang di balik lantaran kenur dibagian bawah penggulung kadang-kadang jadi keriting, terkecuali memanglah keadaannya darurat lantaran persediaan habis, harga kenur makin mahal serta lain sebagainya. Belilah dari merk yang telah populer saja yang terjamin kualitasnya, beberepa merk salah satunya Berkley, Fenwyck, Maxima, Platypus, Siglon dan sebagainya. Waktu ini sudah banyak beredar kenur super (braided, multifilament) yang diameter nya benar-benar kecil pada kemampuan yang besar di banding monofilament atau kenur yang umum. 


Namun butuh diingat bahwasanya pemakaiannya ingin sesuai juga pada penggulung serta joran yang dimaksud super juga, apabila tak maka piranti joran atau ril itu bakal menyusut usia pakainya. Untuk misal joran umum dipadukan kenur super, maka joran yang umumnya lengkungannya keras bakal jadi lentur lantaran tidak dapat mengimbangi kenur. 


KELAS PERALATAN MANCING 


Umumnya untuk ikan di bawah 5 kg. mancing basic di air tawar. untuk joran umumnya bahan fiber, karbon, grafit. jenis teleskop atau 1 serta 2 pcs. nah saat ini kamu mempunyai uang brapa..? 100 rb. tentukan pioner atau exory bahan karbon Panjang 165cm. jika lebih pakai Maguro atau Daiwa yg harga nya 300 beberapa ribu untuk line umumnya ukuran. 0. 2mm/8lbs sampai 0. 5mm/20lbs. Untuk line saya umumnya pioner tenkara 0. 25mm. (11rb/500m) bila ikan agak besar pakai Trilene ukuran (35rb/150m). jika Reel upayakan minimum 3 Bearing (ndak cepet ambrol) saya pakai Pioner apachi (100rb). sama shimano stradic f2000 (harga seputar 400ribuan).
Share This Article : Facebook Twitter Google+ Linkedin

4 Komentar "Peralatan Mancing"

- 24 April 2014 16.27 WIB Permalink

Salam Strike..
dari toko Pancing Murah
http://www.jogjapancing.com/

referralagensi.com 6 Agustus 2014 03.44 WIB Permalink

nitip link ya om..

Bundapoker.com Agen Texas Poker dan Domino Online Indonesia Terpercaya
http://referralagensi.com/bundapoker-com-agen-texas-poker-dan-domino-online-indonesia-terpercaya/

GudangPoker.com Situs Judi Poker Online Terbaik Terpercaya
http://referralagensi.com/gudangpoker-com-situs-judi-poker-online-terbaik-terpercaya/

Saranapoker.com Agen Texas Poker dan Domino Online Indonesia Terpercaya
http://referralagensi.com/saranapoker-com-agen-texas-poker-dan-domino-online-indonesia-terpercaya/

Nadya Paramanisa 12 Mei 2015 08.50 WIB Permalink
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
CV. Paletindo Inti Makmur 11 September 2015 14.30 WIB Permalink

Permisi Admin, numpang iklan.
Jual Tackle Box, Murah Kualitas Eksport :)
https://www.tokopedia.com/paletindo/smart-box


Komentator Gabung Buka Emot

BergabungX

 
Top
notifikasi
close