Ikan Jelawat Sungai Seruyan

Jelawat
Ikan Jelawat Dimaksud juga (Leptobarbus hoevenIi) yaitu satu diantara type ikan air tawar lokal yang disukai oleh orang-orang seperti di Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur serta Kalimantan Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, serta juga di sebagian negara tetangga seperti Malaysia serta Brunei (Puslitbang Perikanan, 1992).

Ikan itu mempunyai nilai ekonomis yang tinggi serta jadi tujuan penangkapan yang mungkin. Di Jambi tak hanya untuk ikan konsumsi benih ikan jelawat di tangkap untuk komoditas ikan hias ekspor.

Biologi Ikan Jelawat

Ikan jelawat mempunyai wujud badan agak bulat serta memanjang, serta adalah ciri untuk ikan yang terhitung perenang cepat. Kepala sisi samping atas agak mendatar, mulut memiliki ukuran tengah, garis literal tak terputus, sisi punggung berwarna perak kehijauan serta sisi perut putih keperakan.

Pada sirip dada serta perut ada warna merah, gurat segi melengkung agak kebawah serta selesai di bagian ekor bawah yang berwarna kemerah‐merahan, dan memiliki 2 gunakan sungut. Panjang maksimum (SL) ikan ini bisa meraih 100 cm dengan berat 10 kg. Info tentang reproduksi ikan jelawat masak gonad memiliki ukuran bobot badannya pada 1, 4 – 2, 9 kg untuk ikan betina, serta 1 – 2, 6 kg untuk ikan jantan, dengan fekunditas rata-ratanya yaitu sejumlah 140. 438 butir.

Sedang pada perairan alami bobot ikan jelawat yang memijah di perairan Muara Tebo, Jambi berkisar pada 3, 7 – 5 kg, dengan ukuran panjang 46 – 58 cm. Di Sungai Tembeling, Malaysia bobot rata-rata ikan jelawat yang memijah yaitu 2, 5 kg.


Distribusi serta Habitat Ikan Jelawat. 
Ikan Jelawat adalah type ikan air tawar yang terdapat banyak di perairan umum di Kalimantan serta Sumatera dan lokasi Asia Tenggara yang lain seperti Malaysia, Vietnam, Thailand serta Kamboja.

Ikan jelawat adalah ikan-ikan asli yang sudah di kenal di perairan pedalaman Indonesia. Ikan itu banyak didapati di sungai, anak sungai, serta daerah genangan lokasi hulu sampai hilir, juga di muara-muara sungai yang berlubuk serta berhutan di pinggirnya.

Perairan tawar untuk habitat ikan jelawat membutuhkan keadaan fisika serta kimia air yang maksimal. Ikan jelawat umumnya hidup di perairan yang bersuhu 25-37o C, oksigen terlarut 4-9 mg/l (Pantulu, 1976) serta pH air 6, 3 – 7, 5. Tetapi sekian, untuk hidup normal serta tumbuh baik, ikan ini membutuhkan suhu 26 – 28, 5o C serta oksigen terlarut 5 – 7 ppm, serta pH air 7, 0 – 7, 5. (dari beragam sumber)
Share This Article : Facebook Twitter Google+ Linkedin

8 Komentar "Ikan Jelawat Sungai Seruyan"

Joe Anggawa 30 April 2013 22.46 WIB Permalink

Ikan jelawat menyukai sungai yg berarus deras atau sungai yg airnya tenang, gan?

blog malam 30 Juli 2013 22.30 WIB Permalink

hi.. just dropping by here... have a nice day!
Cara Mengobati Kanker Payudara

Anonim 7 Januari 2014 22.05 WIB Permalink

yang deras lek

Seruyan Fishing Club 5 Februari 2014 22.19 WIB Permalink

Dua-duanya bisa juga bos...

Jafar Werfete 4 Maret 2015 14.54 WIB Permalink

Mancing Kaimana aja lebih seru, bisa strike Balck Bass, Barramundi, GT, Tenggiri, dll lebih dari sepuluh kali sehari..itu saat bukan musimnya, tapi kalo musimnya, anda bisa strike lebih dari 20 kali sehari, bahkan nelayan lokal di sini bisa strike sampai mencapai 50 ekor per hari...mau coba?? hubungi saya di 081344929252 atau via email di werfetov@gmail.com or kunjungi http://kaimanatour.blogspot.com

ada tips buat umpan jitunya ikan jelawat bos?

El Febri 11 Juni 2016 04.41 WIB Permalink

http://elfebri.blogspot.co.id/2016/05/rantaiqqcom-agen-bandarq-dan-judi_21.html


Komentator Gabung Buka Emot

BergabungX

 
Top
notifikasi
close